Sabtu, 04 Juni 2011

Bekal Anak/Bayi di Day Care: Bawa Apa Ya?

Bagi anak/bayi yang tinggal di rumah tentu segala kebutuhan spesifiknya, termasuk peralatan, makanan, minuman, baju dan mainan sudah tersedia.
Namun untuk si kecil yang akan dititipkan di TPA/Day Care, tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dibawa dari rumah.

Barang-barang besar seperti tempat tidur, kursi makan dan perabot lain jelas sudah tersedia di tempat tersebut, tetapi tentu tetap ada pernak-pernik pribadi yang diperlukannya.

Untuk para bunda yang berencana menitipkan buah hatinya di TPA/Day Care, ada baiknya bertanya terlebih dahulu tentang apa-apa yang harus dibawa setiap harinya. Jika TPA/Day Care tidak menyediakan daftar keperluan yang harus dibawa, maka tetap tenang dan cobalah bunda pikirkan satu per satu apa yang dilakukan si kecil sehari-hari.

Apa yang Sudah Ada?

Staf TPA/Day Care biasanya menjelaskan sejak awal fasilitas apa yang tersedia, dan mungkin sudah mempunyai daftar keperluan yang harus dibawa setiap anak.
Namun jika karena alasan tertentu, bunda tidak ingin buah hatinya memakai barang yang ada (yang tentunya juga dipakai oleh anak-anak lain) dan ingin membawa sendiri, sampaikan saja hal ini pada staf di tempat tersebut.

Pakaian

Umumnya, anak disarankan membawa satu set baju ganti lengkap setiap hari, namun tentu orang tua lah yang paling tahu berapa banyak baju yang diperlukan si kecil dalam sehari. Biasanya TPA/Day Care tidak keberatan bunda menitipkan beberapa baju milik anak di sana, misal seminggu sekali, sehingga anak tidak perlu membawa set lengkap setiap hari.

Saat menyiapkan baju anak, jangan lupa sediakan pelengkap seperti kaos kaki ekstra dan bibs, serta tas/kantong plastik untuk pakaian kotor.



Makanan/Minuman

Walaupun ada beberapa fasilitas Day Care yang menyediakan susu formula (di samping makanan/snack harian), tentunya tak semua merk susu formula tersedia di sana (kemungkinan hanya merk sponsor tertentu saja).

Jika si kecil hanya minum ASI eksklusif, maka bunda jelas harus membawakannya.
Seperti halnya kebutuhan yang lain, ada baiknya kita bertanya makanan/snack apa yang tersedia di tempat tersebut. Dan jika ada kekhawatiran tentang makanan/snack tersebut, jangan ragu untuk mendiskusikannya.

Jika bunda akhirnya mengirim atau membawakan bekal untuk anak, pastikan untuk mengemasnya dengan baik dan diberi label (khususnya untuk ASI). Demikian pula jika anak punya alergi tertentu, pastikan bunda menyampaikannya kepada staf di TPA/Day Care tersebut.




Produk Perawatan

Sebagian TPA/Day Care sudah menyediakan nappies, baby wipes, serta produk perawatan. Namun ada anak-anak yang membutuhkan merek, ukuran, atau jenis tertentu, sehingga mau tak mau, harus membawa sendiri perlengkapannya.

Jika ada alasan yang mengharuskan si buah hati memakai satu jenis/merk tertentu (dan tidak boleh yang lain), maka pastikan staf Day Care tahu hal ini. Misal: jika anak memerlukan krim tabir matahari, pelembab, atau krim tertentu setiap hari, maka sampaikan kebutuhan ini kepada staf di sana dan sediakan krim-krim tersebut dari rumah (atau tinggalkan sebotol di TPA/Day Care agar tak perlu membawanya setiap hari).

Mainan Favorit

Di samping kebutuhan utama, mungkin ada mainan favorit yang ingin bunda bawakan untuk si kecil.
Misalnya: boneka kesayangan, buku cerita, atau rattles –tentu si kecil tidak mutlak membutuhkan benda-benda ini, namun jika mainan itu membuatnya lebih tenang dan nyaman, tak ada salahnya membawanya ke TPA/Day Care.
Namun sebaiknya bunda bertanya lebih dahulu apakah TPA/Day Care mengijinkan anak membawa mainan sendiri.
Jika toh fasilitas tersebut tidak memperbolehkan anak membawa mainannya sendiri, karena alasan tertentu, maka bunda bisa mengamati mainan-mainan yang ada di sana dan mencari sesuatu yang mungkin disukai si kecil.

Daftar/Checklist

 
Nah, jika bunda sudah menemukan apa yang harus dibawa setiap hari, jangan lupa membuat daftar/checklist yang jelas dan mudah dipahami, supaya siapa pun yang bertugas menyiapkan tas si kecil untuk ke TPA/Day Care tidak perlu pusing setiap hari memikirkan apa yang harus dibawa.

Selamat menikmati fasilitas Day Care!