Selasa, 07 Juni 2011

Special Play Time I — Waktu yang Wajib Disediakan Orang Tua untuk Anak

BAGIAN I

Di zaman yang serba sibuk ini, kesempatan bagi orang tua untuk meluangkan waktu one-on-one bersama anaknya merupakan sebuah kemewahan, terutama dalam keluarga yang memiliki lebih dari satu anak. Namun, menyediakan waktu 30-menit-penuh-tanpa-gangguan bersama anak, di mana kita sebagai orang tua memberikan perhatian sepenuhnya kepada anak (tidak sambil buka facebook, main games, atau memegang handphone), merupakan harta yang paling berharga dan bermanfaat yang bisa kita berikan pada anak, jauh lebih berharga daripada segala macam mainan yang bisa dibeli dengan uang.

Apa yang dimaksud dengan Special Play Time/Waktu Bermain Khusus?
  • Yaitu waktu bermain selama 30 menit penuh tanpa gangguan, antara SATU orang tua dan SATU anak.
  • Harus terjadwal di muka sehingga baik anak maupun orang tua bisa mengatur waktu.
  • Harus dilakukan minimal seminggu sekali (atau lebih, jika memungkinkan).
  • Harus diatur agar TIDAK ada gangguan ataupun interupsi seperti TV, Komputer, atau Telepon/Handphone selama blok waktu 30 menit ini.
  • Jika ada anak lain dalam keluarga, biarkan anggota keluarga lain yang mengurus mereka selama waktu 30 menit bersama anak yang satu.
  • Dalam waktu bermain khusus ini, anak yang akan memilih dan mengarahkan kegiatan bermain, dan orang tua mengikuti keinginan anak.
Pada dasarnya, ini adalah saat di mana anak bebas memilih kegiatan bermain yang diinginkannya dan kita mencurahkan perhatian sepenuhnya bagi anak tersebut.
Jika ada lebih dari satu anak dalam keluarga, ini berarti orang tua harus menyediakan waktu bermain khusus ini dengan setiap anak, secara terpisah. 

Apakah Manfaat dari Special Play Time?

1. Memperkuat Hubungan Anak-Orang Tua:
Yang terpenting, Special Play Time adalah salah satu cara terbaik untuk membangun dan memperkuat hubungan antara kita dengan anak. Semakin kuat ikatan dan hubungan ini, semakin anak ingin menyenangkan kita dan dengan demikian, anak menjadi lebih mudah diarahkan. Ini berarti anak juga akan lebih taat tanpa harus dipaksa atau dimarahi.

2. Membantu Anak Mengatasi Situasi yang Sulit:
Situasi seperti mulai masuk sekolah baru, pindah ke lingkungan baru, atau kelahiran adik baru dapat menjadi masa-masa yang sulit bagi anak. Terapi bermain, merupakan sebuah pendekatan di mana terapis profesional membantu anak mengatasi stress dengan cara bermain. Terapi bermain juga merupakan pendekatan terbaik untuk menyembuhkan anak dari pengalaman traumatik. Hal positifnya adalah kita sebagai orang tua, sesungguhnya dapat memberikan manfaat terapi bermain ini melalui Special Play Time, seperti yang dilakukan terapis profesional.

Lanjutan:
BAGIAN III: Apa yang Tidak Boleh Dilakukan Orang Tua saat Special Play Time?